Copyright © 2010-2013
Rabu, 20 April 2016

Mengasuh Program Young Gres! di RURUradio


Mulai bulan lalu, saya bersama istri memulai siaran di RURUradio, sebuah radio kontemporer tanpa gelombang. Kami mengasuh program yang bertajuk Young Gres! Dari namanya mungkin sudah bisa tertebak. Acara ini khusus memutar lagu-lagu baru. Fokusnya untuk saat ini adalah lagu-lagu dari musisi atau band tanah air.

Banyak sekali bibit-bibit baru yang penuh talenta di luar sana namun seringkali luput dari radar. Bisa jadi karena bandnya memang tidak ada upaya untuk promosi atau media lokal tidak banyak yang melakukan pemanduan bakat.

Sekarang ini kegiatan menemukan musik baru mungkin lebih banyak dialami melalui bantuan mesin algoritma yang dimiliki platform music streaming. Biasanya memang akurat, sesuai dengan selera. Namun apa yang terjadi di Indonesia, banyak band baru yang kontennya belum tersedia di platform music streaming. Jadi untuk menemukan mereka, mau tidak mau harus 'manual'.

Jadi program radio seperti Young Gres! ini adalah salah satu cara manual yang dapat menjadi corong alternatif untuk mengenalkan musisi atau band yang belum banyak mendapat sorotan. Terutama untuk band yang belum terjamah mesin algoritma.

Secara spesifik, Young Gres! memutar lagu musisi atau band yang relatif anyar, lagu-lagu demo yang menurut kami potensial dan juga lagu-lagu dari band yang mungkin tidak begitu baru namun belum kencang bergaung.

Selama satu jam, kami memutar lagu dengan diselingi obrolan intim yang biasa saya dan istri lakukan menjelang tidur atau di tengah perjalanan. Jadi mohon maaf kalau obrolannya bisa merembet ke banyak hal dan terasa internal. :D

video

Sejauh ini program Young Gres! sudah berjalan empat edisi. Setelah siaran perdana, kami langsung mendapat 7 demo yang masuk di email young.gres@gmail.com. Rata-rata, kami mendapat tiga sampai 4 demo per minggu. Demo tersebut kami seleksi untuk lalu kami putar bersama dengan lagu-lagu pilihan yang kami temukan di belantara dunia maya. Karena jatah siarannya hanya satu jam, jadi setiap siaran kami hanya memutar 5 lagu saja. Selebihnya yah ngobrol. Untuk istri saya yang sehari-harinya bekerja di radio konvensional, siaran di Young Gres! ini bisa menjadi salurannya untuk bersenang-senang.

video

Dalam 4 edisi yang sudah berjalan, Young Gres! sudah memutarkan lagu-lagu yang memiliki rentang genre yang cukup luas, dari indie pop hingga hip hop, yang juga berasal dari berbagai tempat di Indonesia, mulai dari Medan, Malang hingga kota-kota kecil seperti Blitar dan Tasikmalaya.

Berbagi musik-musik baru ke khalayak luas selalu menyenangkan. Jika dulu berbagi musik baru kesukaan selalu dilakukan dalam medium tulisan yang mana kerap tidak terjadi disebabkan rasa malas berkedok kesibukan, kini melalui program Young Gres!, semoga dapat berjalan lebih konsisten.

Berikut ini playlist yang kami putar pada empat edisi yang telah berjalan:

Senin, 7 Maret 2016:

01 Mutombo - New Orleans
02 Bourgeois - Mattias
03 SAMO - Poor Boys
04 The Breakfast Club - Daisy
05 Badai Sampai Sore - Mata Serigala

Senin, 14 Maret 2016

01 Mintygossips - Wind Shear
02 AGGI - Punk Boy Meets Punk Girl So What
03 Deasterina - Luminescence
04 Moonbeams - Dimensi Biru
05 Welter On Cinema - Unpleasant Sound

Senin, 21 Maret 2016

01. Kisah Kedua - I Just Want U To Know
02. Flowerless - Waterfall, Waterfall
03. Hifzane Bob - Mata Jingga
04. Phono Socialist - Heartbreaker
05. Havnt - Refaire

Senin, 18 April 2016

01. Anantara featuring Kyriz Boogieman - Miscperception
02. Sisitipsi - Alkohol
03. Shadowplay - Point of View
04. Jims Adrian - Mala Renjana
05. Monsieur Pain - Taste of Tears

Jadi jika sedang senggang di Senin malam, jangan lupa dengarkan Young Gres! mulai pukul 21.00. Dengarkan di website RURUradio  atau download aplikasinya di Play Store  atau di App Store . Yang lagunya ingin diputar silakan kirim email ke young.gres@gmail.com.

0 comments:

Poskan Komentar