Copyright © 2010-2013
Jumat, 04 April 2014

Playlist: Softy and Lovely

Dari dulu saya selalu menyukai lagu dengan melodi enak, mau apapun jenis genrenya. Enak di sini memang murni selera pribadi. Sulit untuk didefinisikan.

Salah satu genre musik yang selalu menyuguhkan melodi-melodi yang kuat dan enak di telinga saya adalah musik Soft Rock. Menurut deskripsi Wikipedia, Soft rock was often derived from folk rock, using acoustic instruments and putting more emphasis on melody and harmonies. 




Musik Soft Rock ini berasal dari periode akhir 60an hingga akhir 70an. Pada perkembangannya, musik Soft Rock juga bermutasi menjadi Yacht Rock pada akhir 70an hingga awal 80an. Dua-duanya sebenernya memiliki karakteristik yang sama, hanya berbeda di periodenya saja. Yang pasti baik itu Soft Rock maupun Yacht Rock, sama-sama memiliki kandungan melodi enak yang besar.

Pengaruh Soft Rock ini banyak ditemui pada beberapa band era sekarang yang menjadi favorit saya. Sebut saja band-band Amerika Serikat era pertengahan 2000an ke atas seperti Midlake, Brent Cash, The Silver Seas hingga band-band dalam negeri seperti Sore dan Marsh Kids. (Berarti Paloh Pop itu termasuk Soft Rock?).

Dalam beberapa film yang saya sukai khususnya yang mengambil latar waktu era 70an, musik Soft Rock juga kerap berkumandang. Contohnya Almost Famous atau yang terkini, American Hustle. Ada juga film dengan latar sekarang namun dipenuhi oleh beberapa lagu Soft Rock sebagai soundtracknya, yakni film Elizabeth Town.

Jika masih belum kebayang bagaimana musik Soft Rock, bisa kalian dengar di playlist 8tracks saya ini yang menampilkan lagu-lagu Soft Rock terfavorit yang selalu membuat saya bahagia.


0 comments:

Poskan Komentar