Copyright © 2010-2013
Selasa, 04 Maret 2014

Tiga Platform Showcasing Talenta Lokal

Kegiatan berburu musik bagus dari musisi tanah air adalah salah satu kegiatan musikal yang saya lakukan hampir setiap saat kalau memang lagi ada kesempatan.

Salah satu tempat berburu yang paling sering saya kunjungi sekarang ini adalah Soundcloud. Medium distribusi audio ini yang berasal dari Jerman ini memang banyak digunakan oleh musisi dan band baik untuk mempromosikan karya-karya mereka.

Di Indonesia sendiri, Soundcloud semakin populer digunakan dalam dua tahun terakhir. Banyak musisi, band, DJ, baik yang sudah merilis album maupun yang belum, mengunggah karya mereka di Soundcloud.

Sayangnya fitur pencarian di Soundcloud belum memadai untuk menjadi medium showcasing musik berdasarkan wilayah. Misalnya jika mengetik kata kunci “Indonesia” atau “Jakarta” pada Soundcloud, hasilnya sangat acak dan kurang komprehensif.




Amat disayangkan karena banyak sekali talenta-talenta musik lokal di Soundcloud yang perlu diketahui publik luas. Namun semuanya tersebar dan cukup sulit untuk ditelusuri.

Karena itu, beberapa hari lalu saya sempat melempar isu di Twitter: 


Ini adalah beberapa jawaban dari teman-teman:





Keadaannya sekarang, banyak sekali musik bagus dari Indonesia yang muncul setiap harinya, namun hingga kini belum ada satu wadah yang bisa menjadi medium showcasing yang dapat mudah ditelusuri publik baik di dalam negeri sendiri maupun di publik internasional. Yang saya bicarakan di sini adalah musik-musik lokal yang berada pada arus pinggir yang belum banyak terdeteksi.

Berikut ini adalah tiga wadah yang mungkin bisa menjadi alternatif saat ini untuk mengetahui sedikit banyak gambaran dari musik Indonesia arus pinggir terkini yang berkualitas.

Indonesian Netlabel Union




Website ini adalah wadah jejaring dari berbagai netlabel yang masih aktif di berbagai daerah di Indonesia saat ini. Netlabel adalah label rekaman yang mendistribusikan rilisannya dalam format digital audio melalui jaringan Internet dan dapat diunduh secara legal baik gratis maupun berbayar. Website http://indonesiannetlabelunion.net/ ini dibuat untuk mewadahi arus informasi dimana penggiat netlabel dan khalayak luas bisa saling berbagi. Indonesia Netlabel Union juga telah menyelanggarakan event offline dalam dua tahun terakhir. Silahkan liat di bagian rilisan pada website ini. Dan telusuri sendiri tautan yang tersedia dari berbagai band dan netlabel di beberapa daerah di Indonesia.


ICEMA



Indonesia Cutting Edge Music Awards adalah event dua tahunan sejak tahun 2010 yang menampilkan musik-musik arus pinggir terpilih dari berbagai daerah di Indonesia. Website www.icema.co.id sendiri dapat diakses publik setiap saat dan menampilkan semua nominasi dari berbagai kategori yang ada, lengkap dengan fitur streaming dari masing-masing band atau musisi. Karena terdiri dari berbagai kategori dari berbagai genre musikal, membuat wilayah musikal dari www.icema.co.id menjadi sangat kaya.




Go Ahead People




http://goaheadpeople.com/ adalah platform multi disiplin yang menampilkan talenta-telenta lokal dari musik, fashion, fotografi hingga visual art yang masih di bawah radar. Platform ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun kini namanya saja yang berganti. Mengusung semangat Go Ahead dan Live Your Passion, platform http://goaheadpeople.com/ telah menjadi wadah bagi para kreator untuk showcasing karya mereka ke publik lebih luas bahkan hingga ke mancanegara. 

Salah satu contohnya di wilayah musik, singer songwriter Puti Chitara tahun lalu berkesempatan untuk manggung di Singapura berkat platform ini, walaupun dirinya belum memiliki album. Buat kamu yang punya karya dan bingung untuk disebarluaskan dimana, bisa langsung mendaftar http://goaheadpeople.com/ secara cuma-cuma. Platform ini patut diantasipasi pergerakannya di masa depan karena berpotensi untuk menjadi medium showcasing yang komprehensif dari berbagai subkultur di Indonesia sekarang ini. 




0 comments:

Poskan Komentar