Copyright © 2010-2013
Selasa, 19 November 2013

Berkenalan dengan Puti Chitara

Dalam lima tahun terakhir ini, Malaysia sukses melahirkan dua female singer songwriter yakni Zee Avi dan Yuna yang telah berbicara di kancah industri musik dunia (baca: Amerika Serikat) tanpa banyak gambar gembor. Keadaan itu membuat saya cukup iri. Karena di Indonesia hingga saat ini belum lagi melahirkan musisi kelas dunia seperti Zee Avi dan Yuna. Terakhir ada Anggun. Namun ia juga lebih banyak dikenal di dataran Eropa. Lagipula populasi singer songwriter wanita yang berbakat di dalam negeri ini sangatlah sedikit. Indonesia memang punya banyak penyanyi wanita namun penyanyi sekaligus merangkap penulis lagu (terlebih yang bagus) belum banyak keberadaannya.

Kebetulan belum lama ini, melalui website A Exchange, saya bertemu dengan Puti Chitara, seorang female singer songwriter asal Jakarta. A Exchange sendiri merupakan platform milik Sampoerna A yang memang kerap mendukung dan memberdayakan talenta kreatif baru di Indonesia. Melalui A Exchange ini saya jadi dapat banyak informasi mengenai talenta-talenta lokal yang potensial yang mungkin belum mendapat publikasi secara luas di luar sana.

Seperti yang saya alami saat berkunjung di halaman profile Puti Chitara di website A Exchange. Dilihat dari foto-foto profilenya, ia juga memainkan piano di setiap penampilan panggungnya. Dari situ saja, saya semakin tertarik. Saya memang memiliki ketertarikan yang cukup besar dengan female singer songwriter yang memainkan instrumen musiknya sendiri di atas panggung. Menurut saya seksi. :D



Dan begitu mendengar lagu-lagunya, saya pun terkesima. Musik Puti Chitara ini pada dasarnya pop namun di dalamnya terdapat kandungan gizi yang melimpah. Bukan seperti musik pop yang kerap kita dengar di berbagai media arus utama. Dari judul-judul lagunya seperti "Sarsaparilla Dream", "Silly Dolly" juga terasa segar dan tidak biasa.

Syukurlah, talenta seperti Puti Chitara ini langsung tertedektsi oleh A Exchange melalui key opinion leader mereka di bidang musik, Eric Wiryanata. Dari sekian banyak band dan musisi yang menjadi anggota A Exchange, Puti terpilih untuk berkesempatan membuat album.

Belum lama ini Puti bersama band A Exchange lainnya, Bikinies melangkahkan kaki ke publik internasional untuk pertama kalinya dengan bermain di publik Singapura. Mudah-mudahan kesempatan tersebut menjadi pembuka untuk langkah-langkah internasional berikutnya. Dan mungkin saja, pada akhirnya musik Puti Chitara akan bergaung lebih kencang dalam industri musik dunia, seperti Zee Avi dan Yuna.


Sekarang ini, album debut dari Puti Chitara sedang dalam tahap finalisasi yang nantinya akan diedarkan melalui label Demajors. Tidak sabar menantikannya. Bagi yang belum dengar musik renyah dan menyegarkan dari Puti Chitara, silahkan masuk ke A Exchange atau bisa langsung dengar beberapa potongan lagu yang akan ada dalam album debutnya nanti di bawah ini

0 comments:

Poskan Komentar