Copyright © 2010-2013
Selasa, 17 April 2012

Memilih Lagu Selaras Untuk Pesta Pernikahan

Dalam sebuah pesta pernikahan, lagu-lagu yang mengalun adalah satu elemen penting yang dapat membentuk suasana pesta. Lagu pernikahan dapat mewakili kebahagiaan yang memancar dan cinta kasih yang menyelimuti pasangan pengantin.

Namun kerap kali, karena kedua mempelai dan panitia sudah terlalu sibuk mengurus perhelatan pernikahan lainnya, urusan musik menjadi urusan nomor sekian. Walhasil, banyak musik di pesta pernikahan yang terdengar “nggak nyambung”. Banyak pesta pernikahan yang sudah bagus dari sisi tema dan dekorasi namun menghadirkan musik yang tidak selaras.

Berikut ini tiga hal yang perlu diperhatikan agar musik di pesta pernikahan dapat mengalun dengan selaras.

Cari musik pengiring yang tepat dengan tema pesta
Jangan terpaku bahwa pesta pernikahan itu harus menghadirkan band standar pernikahan — yang hadir dengan formasi lengkap atau minimal dengan lagu-lagu top 40 yang bisa kita dengar di pesta pernikahan mana pun. Ada baiknya musik pengiring disesuaikan dengan tema atau dekorasi. Kalau pestanya adat Jawa misalnya, lebih “nyambung” jika musiknya hanya gending Jawa. Jika mau band pengiring, band keroncong bisa menjadi pilihan unik.

Tentukan daftar lagu sendiri
Jika Anda tetap ingin menyewa band pernikahan standar, sebaiknya tentukan sendiri lagu-lagu apa yang akan dibawakan. Pilih lagu-lagu yang berkesan dengan kehidupan percintaan Anda atau lagu-lagu yang sekiranya dapat membuat suasana pesta menjadi lebih meriah. Jangan biarkan mereka membawakan lagu yang bisa didengar di mana pun. Atau jangan sampai lagu-lagu patah hati mengalun di pesta Anda.

Meniadakan sesi sumbang suara
Salah satu yang dapat mengganggu kesyahduan lagu-lagu yang mengalun di pesta pernikahan adalah kesempatan bagi tamu untuk menyumbangkan suara. Masih bagus jika tamu atau anggota keluarga memang mahir menyanyi. Namun banyak terjadi, mereka itu hanya bermodalkan rasa percaya diri namun tidak bermodalkan suara yang layak didengar oleh banyak orang. Sesi sumbang suara berubah jadi sesi suara sumbang.


Anda punya trik sendiri untuk menghadirkan lagu pernikahan yang selaras? Bagikan di kolom komentar ya.

Artikel saya ini tayang di Yahoo! Indonesia pada tanggal 17 April 2012.


0 comments:

Poskan Komentar