Nirdeteksi: Answer Sheet

Selain pantai, setiap mendengar nama alat musik Ukulele, saya dan mungkin banyak orang di Indonesia pasti akan teringat sosok almarhum, mang Udel. Salah satu tokoh di serial Losmen yang dulu sempat populer di pertengahan 80an. Pada setiap pemunculannya, beliau selalu tidak lepas dari instrumen musik Ukulele. Beliau mungkin satu dari sedikit orang Indonesia yang menekuni ukulele.

Di Indonesia alat musik asal Hawai ini biasa digunakan untuk musik keroncong. Namun di sini, rasanya sangat jarang ukulele digunakan sebagai instrumen utama terutama dalam ranah musik pop. Biasanya hanya sebagai pemanis atau aksen sebuah lagu saja.

Dan kini hadir duo asal Yogyakarta bernama Answer Sheet yang memainkan karya mereka dengan menggunakan ukulele sebagai instrumen utamanya. Duo yang terbentuk di tahun 2009 ini terdiri dari dua pemuda, Wafiq Giotama (Ogi) dan Mas Gilang Karebet (Rebet) yang keduanya hingga kini masih duduk di bangku SMA.


Kecintaan mereka pada ukulele berawal dari Ogi yang belajar memainkan ukulele hanya dari internet. Karena semakin giat menekuni ukulele, di kemudian hari Ogi bersama kedua temannya membentuk Indonesia Ukelele Comunity.

Answer Sheet sendiri terbentuk tanpa sengaja pada sebuah acara kesenian di sekolah Ogi dan Rebet. Dari situ mereka mulai menciptakan karya sendiri dan merekamnya di kamar tidur mereka dengan perangkat sederhana.


Seorang teman saya yang tinggal di Yogyakarta mengaku ia dan teman-temannya yang memang aktif di scene musik independent Yogya tidak akan pernah mendengar keberadaan Answer Sheet jika bukan karena netlabel asal Thailand, Sea Indie yang merilis ep dari grup ini.

Teman saya itu juga tidak mengetahui secara pasti bagaimana awalnya Answer Sheet ini bisa dirilis oleh Sea Indie. Namun menurut saya besar kemungkinan semuanya berawal dari Myspace. Sebelumnya netlabel Sea Indie yang kepanjangan Southeast Asia Indie juga pernah merilis band-band indie pop asal Indonesia dalam beberapa edisi kompilasi.

Ep yang berisi 4 buah lagu ini menampilkan untaian nada yang melodius yang diiringi oleh perpaduan ukulele dengan dentingan manis yang berasal dari keyboard. Menghasilkan musik yang menyenangkan dan terasa cerah. Secerah masa depan musikal mereka yang masih akan terbentang luas seraya dawai-dawai ukulele yang dimainkan mudah-mudahan juga kian lantang terdengar.


Answer Sheet -  A Love Beach, Sadranan



http://answersheetmusic.weebly.com/

http://www.myspace.com/answersheetjogja


Nirdeteksi adalah salah satu kolom tetap blog ini yang ditunjukkan bagi band/musisi baik lokal maupun internasional yang kurang atau belum mendapat sorotan dari publik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day #11: The Like In I Love You

Lampau: Ulasan Album Centralismo - SORE

Enam Lagu Yang Mendefinisikan Paloh Pop