Copyright © 2010-2013
Sabtu, 21 Agustus 2010

Day #18: Motion Picture Soundtrack

Hari ini saya pertama kali turut serta dalam kegiatan Tai Chi. Kegiatan ini sudah beberapa kali terselenggara dan bertempat di Rumah Buku, jalan Hegarmanah, Bandung.

Selama ini saya selalu menganggap Tai Chi adalah senam bagi orang tua karena gerakannya yang lambat. Namun setelah mencobanya langsung, ternyata Tai Chi ini juga cukup menantang bagi orang-orang seusia saya. Walau gerakannya terbilang lambat, namun juga lumayan menguras keringat. Mungkin karena jumlah gaya atau jurus yang ada juga terhitung banyak.

Latihan Tai  Chi ini diawali dengan senam pernafasan yang diiringi musik yang telah disertai rekaman suara orang yang memberikan instruksi. Yah mirip seperti musik pengiring SKJ. Senam ini memiliki gerakan yang ternyata menjadi dasar bagi Tai Chi itu sendiri yang sesinya dimulai setelah latihan senam yang berlangsung sekitar 20 menit itu selesai.

Kini, Tai Chi banyak dikenal sebagai olahraga senam pernafasan. Namun di awal sejarahnya, Tai Chi itu  dikenal sebagai ilmu bela diri halus. Mengapa halus? Karena gerakannya yang terkesan lemah gemulai. Mungkin jika diterapkan untuk berkelahi secara nyata, Tai Chi ini akan banyak mengecoh lawan atau malah akan mengundang tawa dari lawan berkelahi karena gerakannya yang tidak meyakinkan.

Gerakan-gerakan yang lambat ini sebenarnya dilakukan agar kita dapat lebih merasakan energi-energi yang ada di sekitar kita. Dalam Tai Chi kita diharuskan untuk mengambil energi positif yang ada di alam dan membuang energi negatif yang ada di tubuh kita. Energi yang tak kasat mata inilah yang harus benar-benar dirasakan kehadirannya seiring kita mengambil nafas dan menghembuskannya secara perlahan dan dalam.

Tentunya, gerakan-gerakan anggun yang lemah gemulai dari Tai Chi akan bertambah indah jika diiringi oleh musik tertentu. Selain musik-musik tradisional Mandarin, musik-musik New Age sepertinya juga dapat menjadi pengiring yang selaras. Namun jika dapat memilih sendiri musik pengiring Tai Chi, lagu yang di bawah ini lah yang kebetulan terlintas di kepala saya pertama kali.

Mungkin, suatu saat nanti saya akan membuat mixtape yang menampilkan musik-musik yang sekiranya sesuai sebagai pengiring Tai Chi. Yang pasti semuanya akan memiliki tempo di bawah 40 bpm. :)


Radiohead - Motion Picture Soundtrack

0 comments:

Poskan Komentar