Copyright © 2010-2013
Jumat, 13 Agustus 2010

Day #11: The Like In I Love You

Seperti prinsip jodoh, sebuah lagu (tanpa perlu kita mencarinya) juga akan menemukan sendiri pendengarnya di waktu dan keadaan yang tepat. Bisa saja kita tidak sengaja mendengar sebuah lagu yang kita sukai di tengah supermarket. Atau yang paling umum, kita mendengar lagu yang tiba-tiba kita sukai saat mendengar radio atau saat melihat tayangan iklan di televisi.

Bagi para musisi, prinsip jodoh dan tidak jodoh dengan lagu pun masih berlaku. Terutama jika mereka membawakan ulang sebuah karya yang telah ada sebelumnya. Sering terjadi sebuah lagu malah lebih populer ketika dibawakan ulang oleh musisi atau penyanyi baru daripada ketika dibawakan oleh pengusung aslinya.

Begitu juga yang dialami oleh musisi kawakan Brian Wilson.

Di bulan Agustus ini, pentolan dari grup legendaris The Beach Boys akan kembali merilis album yang berisi interpretasinya terhadap karya komponis George Gershwin. Diantara 12 lagu yang akan ada dalam album yang bertajuk Brian Wilson Reimagines Gershwin ini, ada dua lagu yang merupakan 'kolaborasi' Brian Wilson dan George Gershwin.

Bagaimana bisa George Gershwin yang telah wafat di tahun 1937 berkolaborasi dengan Brian Wilson yang masih hidup? Ternyata bentuk kolaborasi ini adalah Brian Wilson menyelesaikan komposisi Gershwin yang tidak sempat diselesaikan hingga ia wafat. Jadi komposisi yang diciptakan Gershwin di tahun 30an akhirnya setelah puluhan tahun mendapat 'nyawa' untuk kemudian dapat 'hidup' seutuhnya.

Bayangkan jika tidak ada Brian Wilson, maka komposisi yang tidak selesai itu akan terus terpendam di secarik kertas not balok, tidak terdengar dan hanya menjadi memorabilia dari George Gershwin. Entah bagaimana proses perjalanan komposisi tidak selesai ini akhirnya jatuh ke tangan Brian Wilson. Namun satu hal yang pasti, komposisi tersebut telah berjodoh dengan Brian Wilson.

Dan di tangan Brian Wilson, komposisi Gershwin tersebut dirangkai dan diselesaikan dengan sentuhan magis khas dirinya menjadi sebuah balada paling romantis yang saya dengar sejauh ini di tahun 2010.


You reached into my heart 
And found the music of my soul 
The melodies unfold 
For you 

I've never danced before 
Until you asked me 
Then magic lights lit up the floor 

Gliding in a starlit/less sky 
Until we found the inner light 
Now we can duplicate the universe 

The pain in painting 
The muse in music 
The like in I love you 

When you connect the dots 
I see your picture coming through 
The story's always you 

It's more than harmony 
When you sing with me 
It's an entire symphony 

Don't be afraid, love 
We can take it from 
The happy ending 

The great in grateful 
The faith in faithful 
The like in I love you

Brian Wilson - The Like In I Love You

0 comments:

Poskan Komentar