Copyright © 2010-2013
Rabu, 11 Agustus 2010

Day #10: 4'33"


Saya selalu membayangkan, apa jadinya jika kehidupan manusia memiliki soundtrack pribadi yang menyala sepanjang waktu di telinga kita? Setiap kita melakukan hal apapun, selalu ada musik latar yang menyertai. Musik itu juga dapat otomatis mengatur volumenya sendiri, tergantung mood kita dan juga ketika kita sedang melakukan pembicaraan dengan orang lain.

Saya pribadi tidak akan keberatan jika ada musik yang selalu berputar otomatis di telinga seperti itu. Namun, ada satu hal yang sepertinya akan selalu meresahkan saya jika musik 24 jam non stop itu benar ada, yakni akan menganggu saya ketika sedang menulis.

Entah mengapa, saya tidak pernah bisa mendengarkan musik ketika sedang menulis. Cukup aneh ya? Sementara banyak orang yang membutuhkan musik ketika bekerja khususnya dalam menulis.

Mungkin saya tipe orang yang sulit membagi konsentrasi di saat yang bersamaan. Tapi jika memang saya sulit membagi konsentrasi, mengapa banyak hal lain yang bisa saya kerjakan bersamaan dengan mendengarkan musik? Misalnya membaca buku. Untuk kegiatan ini, musik bisa berputar dengan bebas.

Saya masih ingat saat detik-detik terakhir dari tenggat waktu pengumpulan skripsi. Saat itu, saya begitu serius mengetik. Dan sudah pasti, di kamar saya tidak terdengar sedikit pun suara musik. Jika ada yang menyaksikan saya saat itu, pasti akan berpikir betapa seriusnya saya dalam mengerjakan skripsi. :D

Saya menyingkirkan musik tidak hanya saat sedang menulis sesuatu yang berat seperti skripsi saja. Saat saya menulis santai seperti menulis blog ini pun sebisa mungkin tanpa iringan musik. Jika ada pertanyaan, "Lho blog ini kan benang merahnya adalah musik. Bagaimana bisa menulis blog ini jika tidak mendengar lagu?" Untuk blog ini, biasanya saya mendengar terlebih dahulu lagu mana yang akan saya jadikan tema dari tulisan. Dan setelah selesai mendengarkan, baru saya menulis.

Keadaan ideal saya ketika menulis adalah suasana yang tenang, tanpa musik, tanpa banyak suara orang yang berbicara.

Tapi jika saya dipaksa untuk mendengar lagu ketika menulis, maka saya akan memilih lagu 4'33" karya John Cage sebagai musik latar saat saya menulis. Bagi yang belum pernah mendengar karya John Cage ini, silahkan langsung mengunduhnya di bawah ini. Dan jika sudah mendengar lagunya, kalian pasti tahu alasan saya memilih lagu ini sebagai satu-satunya lagu yang sesuai untuk menjadi soundtrack ketika saya sedang menulis. ;)

John Cage - 4'33''

0 comments:

Poskan Komentar