Copyright © 2010-2013
Senin, 02 Agustus 2010

Day #1: (They Long to Be) Close to You

“Why do birds suddenly appear everytime you are near?" adalah salah satu kalimat pembuka lagu paling populer dalam sejarah musik pop dunia. Kalimat pertanyaan ini langsung menarik perhatian di detik-detik perdana dalam lagu.

Begitu meriahnya perasaan cinta dalam lagu ini, diilustrasikan dengan burung-burung yang menyambut gembira rasa yang telah datang. Seakan-seakan seluruh alam semesta merestui apa yang sedang dirasakan oleh dua orang yang sedang dibuai asmara.

Ada kenyamanan yang tak ternilai harganya ketika berada dekat dengan seseorang yang kita cintai. Dan semua elemen rasa yang menakjubkan itu dengan cerdas dapat diterjemahkan hanya melalui kalimat pertanyaan yang menjadi pengantar di lagu ini.

Lirik memikat karya Hal David ini dikawinkan dengan melodi cantik karya Burt Bacharach, hasilnya adalah kesempurnaan. Walau begitu, perjalanan lagu ini terbilang cukup panjang sebelum menggapai telinga banyak orang.

"(They Long to Be) Close to You" awalnya dibawakan dan direkam oleh Richard Chamberlain sebagai b-side dari singelnya "Blue Guitar" yang dirilis di tahun 1963. Dan seperti umumnya lagu b-side, lagu ini pun tak dihiraukan untuk didengar. Begitu pun ketika Dionne Warwick merekam lagu ini dalam album ketiganya, lagi-lagi nasibnya hanya menjadi b-side.

Sampai akhirnya di tahun 1970, duo The Carpenters merekam lagu ini kembali untuk album kedua mereka. Dan sejarah berbicara, lagu ini memang berjodoh dengan suara emas Karen Carpenters. Melalui suaranya yang mengharu biru, "(They Long To Be) Close To You" menjadi sebuah kidung cinta sepanjang masa yang siap untuk menggetarkan hati siapapun yang mendengarnya.

Kebetulan hari sabtu kemarin, saya baru menyaksikan teman satu band saya, Ninatika Trimurti menyanyikan lagu ini dengan syahdu di acara resepsi pernikahannya hanya dengan iringan piano yang dimainkannya sendiri. Perasaan yang indah tersebut lalu digenapkan dengan pemandangan saat itu dimana suami Nina duduk mendampinginya tepat di sebelahnya dan memandangi Nina yang tengah bernyanyi. Dan di situ, jawaban dari pertanyaan "Why do birds suddenly appear everytime you are near?" terangkai dengan sangat nyata.

Richard Chamberlain - (They Long To Be) Close To You

0 comments:

Poskan Komentar